Munajat..


Allah azza’wa jalla akan turun ke langit dunia setiap malam, ketika sepertiga malam terakhir seraya berfirman : “Siapa yang berdo’a kepada-Ku, maka aku akan menerima permintaannya dan siapa yang meminta keampunan dari-Ku maka aku akan mengampuninya. (HR. Bukhori dan Muslim)

Banyak waktu untuk bermunajat kepada Alloh, setiap habis sholat, antara adzan dan iqomah, di waktu malam, ketika mendapat kesulitan, ketika teraniaya, ketika bersyukur memperoleh kenikmatan atau dalam waktu-waktu lain yang tidak teratur secara terperinci.

Dari sekian banyak kesempatan, waktu malam lah saat yang paling ideal untuk bermunajat kepada Alloh SWT. Berikut adalah sebagian keutamaan bagi hamba Alloh yang menghidupkan malam dengan ibadah sebagai mana dijelaskan oleh Al-Qur’an.

  1. Ciri orang-oang yang sholeh

“Mereka itu tidak sama; diatara ahli kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Alloh pada beberapa waktu dimalam hari, sedang mereka juga bersujud (sholat) Mereka beriman kepada Alloh dan hari penghabisan, mereka menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kepada yang munkar dan bersegera kepada mengerjakan kebajikan, mereka itu termasuk orang-orang yang sholeh. Dan apa-apa saja kebajikan yang mereka kerjakan, maka sekali-kali mereka tidak dihalangi (menerima pahalanya) dan Alloh maha mengetahui orang-orang yang bertaqwa” (QS. Ali Imran :113-115)

       1. Layak Menikmati Syurga.

    Katakan” Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu ? Untuk orang-orang yang bertaqwa (kepada Alloh), pada sisi Tuhan mereka ada syurga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya. Dan ada pula istri-istri yang disucikan serta keridhoan Alloh. Dan Alloh maha melihat akan hambanya. Yaitu orang-orang yang berdo’a : “ Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman , maka ampunilah segala dosa-dosa kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka. Yaitu orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya di jalan Alloh dan memohon ampun di waktu sahur. (QS. Ali Imran; 15-17)

           2. Memiliki hati mulia

      “Dan hamba-hamba yang baik dari Tuhan Yang Maha Penyayang itu adalah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata yang mengandung keselamatan. Dan Orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka (QS. Al Furqon 63-64)

      3. Mendapat Kucuran Rahmat

        “(Apakah kamu, hai orang-orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadah di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri sedang ia takut kepada azab akhirat dan mengharapkan Rahmat Tuhannya? Katakanlah “Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui? ’Seseungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran (QS. Az Zumar: 9)

        4. Akan Tabah menghadapi ketetapan Alloh SWT

          ”Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri. Dan bertasbihlah kepadaNya pada beberapa saat di malam hari dan waktu terbenam bintang-bintang (di waktu fajar) .(QS. Ath Thur : 48-49)

          Wassalam, via hilman-

          Tinggalkan Balasan

          Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

          Logo WordPress.com

          You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

          Gambar Twitter

          You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

          Foto Facebook

          You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

          Foto Google+

          You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

          Connecting to %s